Selasa, 11 November 2008

uraian Geografi

Air tanah

Definisi

Airtanah merupakan air yang berada di bawah permukaan tanah dalam batuan yang permeabel. Periode penyimpanannya dapat berbeda waktunya bergantung dari kondisi geologinya (beberapa minggu - tahun). Pergerakan air tanah dapat muncul ke permukaan, dengan manifestasinya sebagai mata air (spring) atau sungai (river) dan terletak pada zona jenuh air.

Asal airtanah :

1. Dari permukaan tanah, misalkan hujan, sungai, danau.

2. Dari dalam bumi sendiri diamana air tersebut terjadi bersama-sama dengan batuannya, misalkan pada waktu terjadinya batuan endapan terdapat air yang terjebak oleh batuan endapan tersebut .

Karakteristik

Air tanah dapat dibedakan atas air tanah yang tertekan dan yang tidak tertekan. Yang tertekan disebut juga air artisis, yakni air pada lapisan pembawa yang terapit oleh dua lapisan kedap.Jika orang membor tanah dan menjumpai air tertekan, permukaan air itu bahkan dapat menyembur keluar.

Yang dimaksud dengan air tanah yang tak tertekan atau air tanah bebas, ialah air tanah yang tidak terapit oleh lapisan penyekap. Inilah air tanah yang biasanya kita jumpai jika kita membuat sumur gali. Batas atas air tanah bebas disebut muka air tanah, yang sekaligus juga merupakan batas lajur jenuh.Menurut tempatnya, air tanah bebas dapat dijumpai pada kedalaman yang berbeda-beda.Di daratan, kedalaman air tanah itu mungkin hanya 2 -3 meter, atau, di tempat tertentu, bahkan kurang dari itu, sehingga air muncul kepermukaan.Ditempat seperti itu tanah menjadi bencoh. sebaliknya di daerah pegunungan kedalaman air tanah bebas dapat mencapai puluhan meter.

Manfaat

Air tanah digunakan untuk kebutuhan air minum, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan industry, pariwisata, dll

Tidak ada komentar: